Sulitnya Mengatur Waktu

Semakin banyaknya kesibukan kerja akhir-akhir ini membuat saya kewalahan mengatur waktu. Kesibukan kerja di kantor, menjalankan bisnis, mengelola blog, bermain bersama anak, mengatur rumah tangga, bersosialisasi dengan masyarakat, dan aktivitas lainnya, sampai saya berkesimpulan: duh,  sulit sekali ya mengatur waktu?

Lalu saya mencoba mencari literatur dan bahan bacaan agar saya lebih bisa mengatur dan mengelola waktu dengan baik. Saya mencari tema buku manajemen waktu di sela-sela ratusan buku yang ada di lemari buku. Sejak SMA saya memang senang membeli dan mengoleksi buku bacaan untuk saya baca, dan alhamdulillah buku-buku itulah yang kerap menjadi teman saya ketika kesepian.

Nah ini dia! saya menemukan salah satu buku terjemahan bertema manajemen waktu yang ditulis oleh M. Ahmad Abdul Jawad, salah seorang penulis dari Mesir. Sebenarnya saya sudah pernah membaca buku ini sebelumnya, namun tak ada salahnya bila saya mengulang dan muroja’ah lagi untuk penyegaran. Saya langsung membuka lembaran buku dan membacanya kata demi kata.

Didalam buku ini, dijabarkan ada 14 langkah yang akan mengantarkan kita sukses mengelola waktu:

  1. Analisa sikap dan kemampuan mengelola waktu
  2. Menyadari urgensi waktu dan kebutuhan untuk mengelolanya
  3. Menyusun Prioritas dengan pertimbangan kewajiban waktu
  4. Mengetahui yang dibutuhkan dalam mengelola waktu
  5. Mengetahui penghambat manajemen waktu dan pelemah kemampuan, untuk dihindari
  6. Meneladani tokoh yang sukses mengelola waktu
  7. Mengetahui penyebab tersia-sianya waktu dan penanggulanagannya
  8. Meluruskan persepsi mengenai efesiensi waktu
  9. Belajar memimpin rapat
  10. Belajar mendelegasikan secara efektif
  11. Seni memanfaatkan waktu istirahat
  12. Contoh praktis menajemen waktu efektif
  13. Didiklah anak-anak dan orang disekitar anda untuk menghargai waktu
  14. Melatih orang lain memanfaatkan waktu

InsyaAllah bila diberikan kemampuan dan kesempatan saya akan menuliskan resume ke 14 langkah manajemen waktu diatas. Setidaknya setelah membaca ulang buku tersebut, saya mulai memperbaiki lagi manajemen waktu agar saya dapat mengatur dan mengelola waktu menjadi lebih efesien dan produktif.

One comment

Leave a Reply

