Cara Membuat Blog di Blogspot atau Blogger.com

Mau tau cara membuat blog? Ternyata cara membuat blog di blogger (blogspot) itu mudah lho? Anda hanya perlu 3 Langkah untuk membuat blog di blogspot atau blogger. Tapi sebelumnya anda harus memiliki alasan membuat blog. [baca disini: 8 Alasan Membuat Blog]

Salah satu penyedia layanan blog gratis adalah blogger atau blogspot yang bisa diunduh secara gratis di alamat websitenya www.blogger.com. Namun sebelum membuat blog di blogspot, anda harus punya account email. Kalau belum punya, Anda bisa mebuat account email di Google Mail dengan mendaftar di www.gmail.com.

Selanjutnya inilah cara membuat blog di blogger atau blogspot:

  1. Buka alamat website http://www.blogger.com
  2. Setelah muncul halaman website, kemudian pilih teks “Create Your Blog Now” di dalam tanda panah yang berwarna jingga. Selanjutnya Anda akan dihubungkan ke halaman pendaftaran.
  3. Anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran. Syaratnya anda harus mempunyai alamat email terlebih dahulu. Email yang digunakan tidak harus berasal dari Google (gmail). Namun jika anda belum mempunya alamat email, silahkan buat account email di gmail.com.
  4. Langkah selanjutnya adalah penentuan nama blog yang akan anda pakai. Untuk blog title atau nama blog, anda dapat mengisinya dengan bebas sesuai tema atau misi blog anda. Namun untuk blog address (URL) anda perlu memeriksanya terlebih dahulu dengan mengklik link “Check Availability” setelah menuliskan nama alamat yang akan digunakan. Jika alamat sudah ada yang menggunakan, anda harus memilih nama lain. Nantinya, alamat blog yang anda gunakan berakhiran blgospot.com. Jika kotak isian blog address anda isi dengan “namaanda”, maka alamat yang akan tercipta adalah http://namaanda.blogspot.com. Kemudian klik “Continue” untuk melanjutkan proses registrasi.
  5. Pada tahap yang ketiga atau terakhir, anda diminta untuk memilih template atau desain yang sesuai dengan selera anda. Desain sudah disediakan oleh blogger.com. Pilih saja yang sudah tersedia, nantinya anda bisa merubah template dengan desain yang disediakan oleh pihak ketiga. Setelah itu tekan link “Continue” untuk menyelesaikan proses pendaftaran.
  6. Akan muncul informasi bahwa blog anda sudah tercipta. Selanjutnya tekan link “Start Posting” dan blog anda sudah siap.

Demikianlah tutorial singkat cara membuat blog di blogspot atau blogger. Cara membuat blog di blogger gampang kan? Sekarang Anda sudah bisa mulai ngeblog, mulai dari menulis, mengubah tampilan, menambah fitur, dan sebagainya.

5 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s