8 Alasan Membuat Blog

Setiap blogger mungkin memiliki alasan masing-masing ketika mereka membuat sebuah blog. Alasan membuat blog sama pentingnya dengan cara membuat blog dan menulis blog itu sendiri. Alasan dalam artian positif  bisa berarti motivasi, tapi alasan dalam artian negatif bisa berarti demotivasi, bener ga begitu? ah, sotoy..🙂

Bagi saya, ada 8 alasan membuat blog yang mendorong seeorang untuk tetap ngeblog sampai sekarang.  8  alasan membuat blog tersebut adalah:

1. Sebagai catatan harian atau tempat curahan hati (curhat)

Ini mungkin alasan terbanyak mengapa orang membuat blog. Blog sebagai buku harian telah menggeser budaya lama menulis buku harian dalam diary. Setiap kita dapat dengan mudah menuliskan kejadian atau pengalaman sehari-hari sekaligus curhat dengan menuliskan isi hatinya di blog pribadinya.

2. Sebagai sarana mengekspresikan diri (aktualisasi diri)

Ada sebagian orang yang lebih leluasa dan percaya diri mengekpresikan dirinya di dunia online ketimbang di dunia nyata. Blog menjadi tempat menuangkan ide, buah pikiran seseorang tanpa harus terikat dengan peraturan yang mengikat, walaupun tetap saja harus memperhatikan adat dan hukum yang berlaku karena bisa-bisa malah merugikan kita.

3. Sebagai sarana menyalurkan hobi dan bakat

Dengan ngeblog kita juga bisa menyalurkan hobi  seperti  fotografi, otomotif, memasak, bahkan hobi jalan-jalan atau yang lainnya. Dengan blog, kita dapat meningkatkan kemampuan baik dalam hal menulis, berkomunikasi maupun aktivitas atau hobi lainnya.

4. Sebagai sarana latihan menulis

Disadari atau tidak, aktivitas utama yang bisa disalurkan dengan blog adalah menulis. Baik tulisan kita terstruktur atau berantakan tidak ada masalah sebab melalui blog kita bisa melatih kemampuan kita dalam menulis artikel pendek atau panjang, dan enaknya tidak ada aturan yang membatasi kita untuk menulis.

5. Mencari komunitas atau pertemanan

Dalam blog biasanya ada ruang untuk komentar atau bertukar link. Ini membuat para blogger menjadi luas dalam pergaulan didunia online. Tidak jarang yang akhirnya mereka membentuk komunitas blogger sebagai sarana pertemanan.

6. Mencari popularitas (ketenaran)

Tak bisa dipungkiri, bahwa salah satu alasan menulis blog adalah untuk mencari popularitas. Buktinya adalah besarnya kecenderungan penulis blog untuk mencari statistik kunjungan yang tinggi. Penulis blog akan merasa blognya populer ketika berada dalam urutan cukup tinggi dalam pencarian menggunakan mesin pencari. Kadang-kadang mereka melakukan sensasi agar tulisan blog mereka tenar.

7. Mencari penghasilan (uang)

Terus terang, saya paling suka alasan ini karena melalui blog yang gratisan sekalipun, kita bisa menawarkan produk dan jasa kita lewat bisnis toko online. Memang, mencari uang lewat blog adalah alternatif baru dalam mencari penghasilan tambahan, terlebih lagi sekarang sudah banyak program pencari uang di internet, mulai dari iklan PPC, Google Adsense, Afiliate marketing, reseller produk, dll. Banyak blogger yang sudah menikmati penghasilan online dari blog mereka.

8. Berbagi informasi, ilmu dan pengalaman

Alasan inilah yang merangkum semua alasan di atas. Apapun niat dan alasan membuat blog, yang utama adalah kita saling berbagi dalam segala hal. Karena prinsip terpenting dalam kehidupan adalah bagaimana kita menjadi orang yang paling bermanfaat bagi orang lain. Mari jadikan blog kita blog terbaik. Anda sendiri, apa alasan anda membuat blog?

4 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s