Rahasia Sukses Orang Kaya

Di kolom ini, saya akan menampilkan tulisan berseri mengenai Rahasia Sukses Orang Kaya yang saya kutip dan olah dari beberapa buku yang saya baca. Anda akan mengetahui mengapa orang kaya bisa bertambah kaya, sementara yang lain tidak? Silahkan simak terus puluhan artikel Rahasia Sukses Orang Kaya di blog ini.

Rahasia sukses orang kaya yang pertama adalah mereka memiliki pola pikir (mindset) orang kaya. Perbedaan yang cukup mencolok antara orang kaya, orang awam dan orang miskin adalah pada cara berpikirnya. Orang berbakat kaya selalu belajar berpikir dan bertindak seperti layaknya orang kaya.

Ketika orang miskin dan awam bekerja keras untuk memperjuangkan kenaikan gaji, calon-calon orang kaya justru bekerja keras membangun mindset (cara berpikir) sebagai orang kaya, pemilik aset dan investor yang memiliki pasive income.

Ketika sama-sama memiliki uang Rp. 100.000,- misalnya, orang awam dan miskin selalu berpikir apa yang bisa dibeli dan dikonsumsi, sedangkan orang berbakat kaya berpikir bagaimana uang tersebut bisa dilipatgandakan dengan cara diinvestasikan atau dibelikan sesuatu untuk dijual kembali agar memperoleh keuntungan.

Orang awam dan miskin selalu berpikir tentang bagaimana memenuhi kebutuhan sendiri, sedangkan orang berbakat kaya lebih sering memikirkan bagaimana cara untuk memenuhi kebutuhan orang lain. Pikirannya berfokus bagaimana sumberdaya yang ada bisa didayagunakan untuk menghasilkan lebih banyak uang – tentu – dengan jalan yang halal.

Abdurrahman bin Auf, salah seorang sahabat Nabi Muhammad SAW, ketika hijrah ke Madinah tidak memiliki apa-apa selain pakaian yang melekat di tubuhnya. Ketika ditawari wanita untuk dinikahi dan kebun kurma oleh seorang Anshor, ia menolak dengan halus seraya minta ditunjukkan di mana letak pasar. Kemudian ia mulai berbisnis di pasar dan dalam beberapa hari saja ia sudah memiliki aset yang banyak. Begitulah cara berpikir orang kaya.

Cara berpikir seseorang akan sangat mempengaruhi cara bertindak dan cara mengambil keputusan. Karena itu membenahi cara berpikir adalah modal pertama dan utama untuk menjadi kaya. Ikuti terus rahasia sukses orang kaya yang kedua, ketiga, hingga ke seratus lebih, hanya di blog Rahasia Sukses ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s