Career Checkup: Apakah Pekerjaan ini Sesuai Untukku?

Kemaren saya mendapat informasi melalui email tentang career checkup (cek up karir). Setelah sekian lama bekerja sebagai karyawan, perlu kiranya kita melakukan cek ulang terhadap diri dan kejiwaan kita.

Apakah kita memang benar-benar menyukai pekerjaan kita? atau sudah saatnya kita berpikir untuk mencari pekerjaan lain? Lucunya, beberapa kawan saya setelah mengisi pertanyaan yang diajukan, hasilnya adalah : “carilah pekerjaan lain” he..he..

Berikut Daftar pertanyaan yang bisa anda isi, tidak ada benar salah dalam jawaban ini. Isilah sesuai kata hati anda, sebab itulah kondisi anda yang sesungguhnya.

Apakah pekerjaan ini sesuai bagi diriku & apakah aku mencintai pekerjaanku?
Score ( ) Ya ( ) Tidak

1. Apakah aku bergairah dan merasa “hidup” saat bangun pagi pada setiap hari Senin?
O Ya O Tidak

2. Apakah aku hampir selalu datang lebih awal dan langsung bekerja sebelum jam kerja dimulai setiap harinya?
O Ya O Tidak

3. Apakah aku mempergunakan jam kerjaku hanya semata-mata untuk tugas dan pekerjaan yang diberikan perusahaan kepadaku?
O Ya O Tidak

4. Apakah aku selalu beristirahat sesuai dengan waktu yang telah ditentukan perusahaan kepadaku selama 1 jam dan tidak melakukan korupsi waktu terutama pada hari Jumat?
O Ya O Tidak

5. Apakah aku rela pulang melebihi jam kerja untuk menuntaskan pekerjaan pada hari tersebut, tanpa dibayar lembur?
O Ya O Tidak

6. Apakah saya selalu meminta pekerjaan dan tanggung jawab yang lebih, saat tugas dan pekerjaanku sudah rampung?
O Ya O Tidak

7. Apakah saya merasa bahagia dan nyaman saat di kantor, berada di sekitar pimpinan dan rekan kerjaku.
O Ya O Tidak

8. Apakah kompetensi dan keahlianku berkembang selama bekerja selama ini?
O Ya O Tidak

9. Apakah saya merasa bahagia dan sejahtera saat menerima gaji di setiap akhir bulan?
O Ya O Tidak

10. Apakah saya bangga dan bahagia saat diminta perusahaan untuk sekolah atau mengikuti pendidikan tambahan dalam menunjang pekerjaan saya?
O Ya O Tidak

Cara menghitung skor (nilai) anda:

  • Bila jawaban “Tidak” kurang dari  3 = Tingkatkan kompetensimu
  • Bila jawaban “Tidak” sama atau lebih dari 3 = Waspadalah
  • Bila jawaban “Tidak” sama atau lebih dari 5 = Carilah pekerjaan lain

Ngomong-ngomong, anda termasuk yang mana?

One comment

  1. I like this post, enjoyed this one regards for posting. He removes the greatest ornament of friendship, who takes away from it respect. by Cicero. ekakedkgaace

Leave a Reply

